Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

KEDEPUTIAN INDERAJA SUKSES SELENGGARAKAN RAKORNAS CITRA SATELIT PENGINDERAAN JAUH DI JAKARTA

Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh (Inderaja) LAPAN sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Setelit Penginderaan Jauh Tahun 2020 dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh Cerdas dan Inovatif untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Januari 2020 di Istana Ballroom, Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Rakornas ini bertujuan untuk mencari solusi permasalahan dalam pemanfaatan data/informasi satelit inderaja serta sinergitas dalam Program Riset Nasional.

Rakornas dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. didampingi Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamauluddin. Hadir pada acara ini tak kurang dari 413 orang yang merupakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga sebanyak 87 orang, TNI/POLRI sebanyak 12 orang Pemerintah Provinsi sebanyak 55 orang, Pemerintah Kabupaten/Kota sebanyak 86 orang, Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 8 orang, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta sebanyak 14 orang, dan dari internal LAPAN sebanyak 115 orang, Organisasi/LSM sebanyak 14 orang dan dari Kedutaan Besar sebanyak 2 orang.

Pada kesempatan tersebut Menteri Riset, Teknologi dan Kepala BRN menyampaikan dan berharap agar jasa yang diberikan LAPAN dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan data Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, sehingga membantu terlaksananya berbagai program pembangunan di berbagai sektor. Sementara itu Kepala LAPAN dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa data inderaja terbukti memberikan kontribusi dalam penghematan anggaran negara yang cukup signifikan. Pada tahun 2015 data inderaja yang didistribusikan LAPAN memberikan benefit untuk negara senilai 3 Trilyun rupiah, Tahun 2016 sebesar 5 Trilyun rupiah, tahun 2017 sebesar 8 Trilyun rupiah dan tahun 2018 senilai 13 Trilyun rupiah.

Dalam acara pembukaan Rakornas kali ini juga menampilkan presentasi utama dari Deputi Bidang Penataan Ruang dan Kawasan Strategis Ekonomi, Kementerian Perekonomian, Ir. Dodi Slamet Riyadi, M.T. Adapun Judul Presentasi yang beliau bawakan adalah Dukungan Data Geospasial untuk Kebijakan Nasional. Diantara materi yang disampaikan adalah persoalan tumpeng tindih penggunaan lahan yang mencapai luas 77 juta hektar lebih atau lebih dari 40 % luas daratan di Indonesia. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan data inderaja yang didistribusikan oleh LAPAN.

Rangkaian acara selanjutnya dari kegiatan Rakornas ini adalah pemutaran video “Capaian Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh LAPAN Tahun 2015 – 2019”, Peluncuran produk baru LAPAN berupa aplikasi berbasis Android yaitu Fire Hotspot, Peluncuran website baru LAPAN, Demo tentang pengoperasian Aplikasi SPACEMAP (Sistem Penyediaan Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer), Penganugerahan apresiasi Indriya Mandrawa kepada 12 instansi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi/Kabupaten, Serah terima data inderaja terbaru kepada 91 Kementerian/Lembaga.

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan diskusi dengan para peserta undangan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN, Ir. Dedi Irawadi dan dimoderatori oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si. Tujuan diskusi ini adalah untuk memperoleh masukan mengenai kebutuhan data inderaja kedepan, sehingga LAPAN bisa menindaklanjuti secara cepat, tepat dan optimal. Rakornas kali ini berlangsung secara kidmat dan meriah mulai dari acara Pembukaan sampai dengan Penutupan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti semua agenda, sehingga semuanya berjalan tertib dan lancer. Acara Rakornas ditutup oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarty, dimana beliau sempat menyampaikan kesimpulan hasil Rakornas kali ini yaitu ada beberapa hal yang akan ditindaklanjuti LAPAN kedepan terkait komunikasi dan sinkronisasi platform yang sudah dibangun selama ini bersama stake holder, dan diharapkan Perguruan Tinggi akan menjadi sumber yang potensial untuk pengembangan metodologi.


Penulis : Drs. Ngadino, Fotografer : Bambang Haryanto, S.E. Upload : Bambang Haryanto, S.E.


< /div>