Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

DINAS SURVEI DAN PEMOTRETAN UDARA TNI-AU MENGUNJUNGI PUSTEKDATA

Hari ini, Jum’at 07 Februari 2020, Kepala Dinas Survei dan Pemotretan Udara TNI – AU (Kadissurpotrudau), Marsekal Pertama TNI, I Made Susila A.,SIP, S.H. dengan didampingi 8 orang Perwira Menengah TNI AU, mengunjungi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Ir. Dedi Irawadi di Kantor Pustekdata LAPAN Pekayon. Hadir pada kesempatan tersebut Chief Engineer, Ir. Suhermanto, M.T. , Program Manager, Ir. Muchamad Muchlis, M.Si. , Peneliti Utama, Dr. Ratih Dewanti, M.Sc. dan beberapa peniliti/perekayasa senior Pustekdata.

Pertemuan kedua pimpinan tersebut membahas kolaborasi yang bisa dilakukan antara Pustekdata LAPAN dengan Dissurpotrudau, sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih optimal untuk kepentingan negara. Kedua pimpinan sepakat untuk memanfaatkan fasilitas dan produk yang dimiliki untuk menunjang kelancaran tugas dan fungsi masing-masing institusi. Sebagai contoh, Pustekdata menghasilkan data-data citra satelit penginderaan jauh dari resolusi rendah, menengah, tinggi dan sangat tinggi yang bisa dimanfaatkan oleh TNI-AU untuk berbagai tujuan seperti operasi tempur, monitoring wilayah perbatasan maupun untuk kepentingan pelatihan-pelatihan teknis di lingkungan TNI-AU. Demikian juga Pustekdata berkepentingan dengan TNI-AU utamanya untuk pengembangan sensor pushbroom, dimana untuk uji sensornya diperlukan wahana pesawat. Jika dilakukan kolaborasi dari kedua institusi ini, maka Pustekdata bisa memanfaatkan fasilitas pesawat TNI-AU, sehingga akan diperoleh hasil litbang yang maksimal, praktis, ekonomis dan tentu saja bisa menghemat anggaran negara.  

Usai pertemuan tersebut Kadissurpotrudau mengunjungi fasilitas Data Center dan fasilitas Pelayanan Data Pustekdata. Beliau tampak antusias mendengarkan penjelasan fasilitas yang disampaikan langsung oleh Kapustekdata, dan beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dan ramah. Kadissurpotrudau sangat berharap Kapustekdata bisa berkunjung ke Dissurpotrudau Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dalam rangka menindaklanjuti kerjasama/kolaborasi yang akan dilakukan.


Penulis : Drs. Ngadino, Fotografer : Drs. Ngadino, Upload : Bambang Haryanto, S.E.

< /div>