Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

BIMBINGAN TEKNIS LANJUTAN PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN WILAYAH KABUPATEN BENGKALIS

Senin, 18 November 2019, Deputi Bidang Penginderaan Jauh (Deinderaja) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasionanl (LAPAN), Dr. Orbita Roswintiarti, membuka Bimbingan Teknis Lanjutan Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Wilayah Kabupaten Bengkalis, di Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN, Pekayon Jakarta Timur. Kegiatan ini disponsori oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan di Pustekdata LAPAN dengan pengelolaan anggaran menggunakan sistem PNBP sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada LAPAN. Bimtek ini adalah bimtek yang pertama kali dikelola menggunakan sitem PNBP yang dilaksanakan oleh Kedeputian Inderaja khususnya Pustekdata.  

Pada kesempatan ini Deinderaja didampingi oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Kapustekdata), Ir. Dedi Irawadi dan Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Kapusfatja), Dr. Rokhis Komarudin. Hadir juga seluruh narasumber, instruktur dan panitia. Sementara dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kepala Bidang Tata Ruang, Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis, Rati Jusliyanti dengan jumlah peserta bimtek sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah yaitu 15 orang dari Dinas PUPR, satu orang dari Dinas Pemadam Kebakaran, satu orang dari Dinas Lingkungan Hidup, satu orang dari Sekretariat Daerah, satu orang dari Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan serta satu orang dari Dinas Pertanian.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya dalam bidang pengolahan citra satelit. Bimtek dijadwalkan berlangsung selama delapan hari, mulai tanggal 18 s.d. 26 November 2019. Materi bimtek disampaikan secara ringkas, padat, dan sistematik, mulai dari teori, survei lapangan, praktek pengolahan citra, studi kasus dan presentasi hasil. Para narasumber dan instruktur semuanya berasal dari kalangan pakar penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN dengan kemampuan dan pengalaman yang sangat tinggi.

Penulis : Drs. Ngadino, Fotografer : Bambang Haryanto, S.E., Upload : Bambang Haryanto, S.E.

< /div>