Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

KABUPATEN KAYONG UTARA MENGIKUTI PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA PENGOLAHAN DATA PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS) YANG DI SELENGGARAKAN OLEH LAPAN

Jakarta, Senin, 03 Februari 2020 Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN melaksanakan Kegiatan Pembukaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Tingkat Dasar Gelombang I dengan Tema: “Pengolahan Data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (GIS)”. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc, didampingi Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi, Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si, Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja M. Priyatna, S.T., MTI. Hadir pada acara pembukaan ini adalah Asisten I Tata Pemerintahan Kabupaten Kayong Utara Syarif Muzahar, S.IP. seluruh instruktur, narasumber dan panitia.

Adapun peserta berjumlah 21  peserta dari  Kabupaten Kayong Utara terdiri dari beberapa dinas  antara lain Dinas Pertanian dan Pangan, Kantor Kesbangpol, Dinas esehatan dan KB,Dinas Pendidikan, Badan Keuangan Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BPBD, Dinas SSP3APMD, Dinas Perhubungan, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja,  BAPPEDA, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Perkim, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bagian Pemerintah Daerah Setda

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc  mengatakan bahwa Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia ini diselenggarakan dalam waktu singkat ini tidak ditujukan untuk mencetak ahli pengolahan data penginderaan jauh, tetapi dengan target/sasaran bahwa para peserta nantinya mengenal lebih jauh tentang data-data penginderaan jauh termasuk pengolahan dan pemanfaatannya, sehingga diharapkan bisa membuat perencanaan permohononan data ke Pustekdata LAPAN secara lebih cermat dan akurat sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Dengan demikian data-data yang diperoleh dari Pustekdata LAPAN akan bisa dimanfaatkan secara optimal.

Setelah acara dibuka oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, selanjutnya diadakan perkenalan dari seluruh peserta Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dengan para instruktur, narasumber dan panitia yang dipimpin oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. Pada sesi perkenalan tersebut para peserta Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dimohon untuk menyampaikan tingkat pemahamannya tentang penginderaan jauh serta tujuan mengikuti Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia. Pada umumnya para peserta bimtek mengaku belum mengetahui banyak tentang Ilmu Penginderaan Jauh maupun Sistem Informasi Geografis sehingga perlu pembelajaran yang dimulai dari tahap paling dasar tentang ilmu tersebut. Sedangkan tujuan mereka mengikuti bimtek kali ini adalah dalam rangka belajar tentang pengolahan citra penginderaan jauh, sehingga diperoleh pemahaman yang lebih luas tentang data-data penginderaan jauh serta bisa memanfaatkan dengan lebih optimal dari data-data yang pernah diperolehnya dari Pustekdata LAPAN.

Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia akan dilaksanakan selama lima hari kerja dari tanggal 03 sampai dengan 07  Februari 2020.  Para peserta akan diajari pengolahan citra berbasis software opened source. Sistem pengajaran menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Pada akhir sesi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia.

 

Penulis : Bambang Haryanto, S.E., Fotografer : Bambang Haryanto, S.E., Upload : Bambang Haryanto, S.E.

< /div>