Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

PUSISPAN LAPAN Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual di Lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh

Kamis, 7 Juni 2018,  Pusat   Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa menyelenggarakan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual “ Awareness and Sharing Knowledge” untuk meningkatkan Produktivitas Kekayaan Intelektual LAPAN. Acara tersebut dilaksanakan di lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh di gedung Indriya Bhuwana kantor Pustekdata LAPAN, Jakarta.
Hadir dalam acara tersebut adalah Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc dan Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi, Kapusfatja Dr. Ir. M. Rokhis Komarudin, M.Sc, serta para pejabat  fungsional di lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh  terdiri dua satker Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, serta  pejabat fungsional peneliti, pejabat ungsional Perekayasa
Arahan dan pembukaan Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc menyampaikan kegiatan sosialisasi yang di selenggarakan oleh PUSISPAN LAPAN ini sangat baik, bahwa HKI menjadi salah satu target output in house dan IKU di LAPAN untuk kegiatan bagi peneliti dan perekayasa, dengan demikian kekayaan intelektual di LAPAN khususnya para peneliti dan perekayasa dapat berkarya eksistensinya yang berazaskan tentang aplikasi dan teknologi di bidang penginderaan jauh.
Sambutan Kepala Pusat   Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa Ir.  Yuliantini Erowati, M.Si menyampaikan bahwa bagian tugas Pusispan adalah melaksanakan pengkajian dan pengembangan inovasi dan standar di bidang penerbangan dan antariksa, sesuai Perka LAPAN No 10/2017 tentang Standardisasi Penerbangan dan Antariksa Penetapan kebijakan umum dan teknis yang terdiri atas penentuan norma, standar, pedoman, dan kriteria penyelenggaraan Keantariksaan yaitu pelaksanaan perumusan rancangan standar nasional indonesia ruang lingkup penerbangan dan antariksa, penerapan standar nasional indonesia  dalam rangka pembinaan terhadap Penyelenggara Keantariksaan, pengawasan kepatuhan terhadap penerapan standardisasi Penyelenggaraan Keantariksaan, kaji ulang standar nasional indonesia bidang standar penerbangan dan antariksa. Adapun kondisi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di lingkungan LAPAN adalah sebagai berikut Pustekdata 2 HKI Paten dan 1 HKI Hak Cipta, Pusfatja 3 HKI Paten dan 9 HKI Hak Cipta, PSTA 2 HKI Paten, Pussansa 1 HKI Paten, Pustekbang 9 HKI Paten, Pustekroket 40 HKI Paten, Pusteksat 4 HKI Paten.
Narasumber Pemamparan materi dari Pusinov LIPI  Irwan Budhi Iswanto tentang “ Pengantar  HKI dan pemanfaatannya” dan Pelusuran, patentabilitas dan indentifikasi invensi”  cara pengelompokan dan tata cara bagi peneliti dan perekayasa  mengelompokan inovasi di dalam penempatan HKI yang tepat dan  acara tersebut diakhiri  tanya jawab.