Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Jeruk Lembaga Induk: Kementerian Pertanian Provinsi: Jawa Timur Website: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id Alamat: Jl. Raya Tlekung No. 1, Junrejo, Batu

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu, Jawa Timur. Posisi Balitjestro berada pada 4 km dari Kota Batu dan pada ketinggian tempat ± 950 m di atas permukaan laut. Berdasarkan Surat Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 13/Permentan/OT.140/3/2006 Loka Penelitian Jeruk dan Hortikultura Subtropik yang mengalami peningkatan eselonisasi dari Eselon IV ke Eselon III dengan nama Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro). Balitjestro menjadi salah satu unit pelaksana teknis (UPT) penelitian dan pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 30/Permentan/OT.140/3/2013 tanggal 11 Maret 2013 sebagai penyempurna Permentan No. 13/Permentan/OT.140/3/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Sejak diterbitkannya Permentan Nomor : 30/Permentan/OT.140/3/2013 maka Permentan Nomor : 13/Permentan/OT.140/3/2006 dinyatakan tidak berlaku demi hukum.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 30/Permentan/OT.140/3/2013 tanggal 11 Maret 2013 Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. mempunyai tugas melaksanakan penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika dengan fungsi:

1. Pelaksanaan penyusunan program, rencana kerja, anggaran, evaluasi dan laporan penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika;

2. Pelaksanaan penelitian genetika, pemuliaan dan perbenihan tanaman jeruk dan buah subtropika;

3. Pelaksanaan penelitian eksplorasi, konservasi, karakterisasi dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman jeruk dan buah subtropika;

4. Pelaksanaan penelitian agronomi, morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopatologi tanaman jeruk dan buah subtropika;

5. Pelaksanaan penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis tanaman jeruk dan buah subtropika;

6. Pelaksanaan penelitian penanganan hasil tanaman jeruk dan buah subtropika;

7. Pemberian pelayanan teknis penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika;

8. Penyiapan kerja sama, informasi dan dokumentasi serta penyebarluasan dan pendayagunaan hasil penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika;

9. Pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga dan perlengkapan Balitjestro.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi Balitjestro, Kepala Balai dibantu oleh 2 (dua) unit struktural eselon IV yaitu Sub Bagian Tata Usaha, dan Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian. Disamping itu juga dibantu oleh 3 (tiga) Kelompok Peneliti (Kelti) yaitu ; 1). Kelti Pemuliaan, Plasmanutfah dan Perbenihan, 2). Kelti Ekofisiologi, dan 3). Kelti Entomologi dan Fitopatologi. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas mengelola urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga dan keamanan. Kepala Seksi Pelayanan Teknik dan Jasa Penelitian mempunyai tugas menyiapkan dan merumuskan bahan usulan rencana dan program penelitian, serta koordinasi masalah laboratorium dan kebun, melaksanakan seleksi, evaluasi dan promosi teknologi hasil serta membangun kemitraan dengan pihak ketiga dalam proses komersialisasi teknologi pertanian. Koordinator program mempunyai tugas untuk merencanakan program penelitian dan program pendukung termasuk penyusunan anggaran, sedangkan Kelompok Peneliti bertanggung jawab dalam pengembangan kepakaran dalam bidangnya masing-masing serta pengembangan etika penelitian.

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika bertekad mewujudkan kondisi yang ideal sebagai manifestasi hasil kerja,  yang ditetapkan dalam visi Balitjestro yaitu “Menjadi Lembaga Penelitian Bertaraf Internasional Dalam Menghasilkan Teknologi Inovatif Jeruk dan Buah Subtropika”

Selain menjadi sumber referensi inovasi teknologi, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) juga berperan sebagai motivator bagi institusi terkait dalam bidang penelitian untuk pengembangan agribisnis jeruk dan buah subtropika yang berorientasi pasar.

Misi merupakan rumusan, cara dan panduan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan dan berperan mendorong motivasi kerja sumber daya manusia. Adapun misi Balitjestro terdiri dari 5 komponen yaitu :

1. Merekayasa, merakit dan menghasilkan inovasi teknologi  jeruk  dan  buah  subtropika berbasis sumber daya lokal yang efisien, berdaya saing tinggi serta sesuai kebutuhan pengguna.

2. Menjalin dan mengembangkan jaringan kerjasama nasional dan internasional dalam upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia serta penguasaan inovasi teknologi  jeruk  dan  buah 

3. Menyebarluaskan teknologi inovatif dan produk yang telah dihasilkan kepada pengguna.

4. Meningkatkan kapasitas dan publisitas Balitjestro.

5. Melestarikan, memanfaatkan dan mengembangkan potensi  sumber  daya genetik  jeruk dan buah subtropika mendukung diversifikasi produk serta digunakan sebagai  pusat  wisata  buah berbasis pendidikan.

Moto Balitjestro adalah   “Satu Langkah Lebih Maju”. Komoditas mandatnya antara lain Jeruk, Apel, Anggur, Lengkeng, Stroberi.


Kontak Lembaga

Contact Person