Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close
Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dalam keikutsertaan seleksi Pusat Unggulan Iptek 2017. Nilai akhir proses seleksi dari Pusat Unggulan Iptek Sumberdaya Mikroorganisme Nasional adalah 351.39

Pusat Penelitian Biologi

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Sumberdaya Mikroorganisme Nasional Lembaga Induk: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Provinsi: Jawa Barat Website: http://www.biologi.lipi.go.id Alamat: Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor KM. 46 Cibinong, 16911

Pusat Penelitian Biologi merupakan salah satu Pusat Penelitian di bawah koordinasi Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), selain Pusat Penelitian Bioteknologi dan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Pusat Penelitian Biologi membawahi satu Bagian Tata Usaha dan tiga Bidang yaitu Bidang Botani "Herbarium Bogoriense", Bidang Zoologi "Museum Zoologicum Bogoriense", dan Bidang Mikrobiologi "Indonesia Culture Collection (InaCC)". Bidang Botani "Herbarium Bogoriense" terdiri dari Subbidang Pengelolaan Koleksi Botani dan Subbidang Sarana Botani, Bidang Zoologi "Museum Zoologicum Bogoriense" terdiri dari Subbidang Pengelolaan Koleksi Zoologi dan Subbidang Sarana Zoologi, Bidang Mikrobiologi "Indonesia Culture Collection (InaCC)" terdiri dari Subbidang Pengelolaan Koleksi Mikrobiologi dan Subbidang Sarana Mikrobiologi, dan Bagian Tata Usaha terdiri dari Subbagian Kepegawaian, Subbagian Keuangan, Subbagian Umum, dan Subbagian Kerja Sama dan Informasi.

Sesuai dengan Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014, Pusat Penelitian Biologi mempunyai tugas melaksanakan penelitian di bidang biologi. Dalam melaksanakan tugas di atas, Pusat Penelitian Biologi menyelenggarakan fungsi:

Penyiapan, penyusunan, rencana, program, dan pelaksanaan penelitian bidang botani zoologi, dan mikrobiologi; Penyiapan bahan perumusan kebijakan penelitian bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; Penyiapan pengendalian terhadap kebijakan teknis di bidang penelitian bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; Penyiapan penyusunan program diseminasi dan pelayanan di bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; Penyusunan pedoman dan pemberian bimbingan teknis penelitian bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; Implementasi, diseminasi, dan pengelolaan hasil-hasil penelitian bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; Pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi hasil-hasil penelitian bidang botani, zoologi, dan mikrobiologi; dan Pelaksanaan urusan tata usaha.

 

Selain tugas pokok dan fungsi tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI No. 1973/2002, Pusat Penelitian Biologi ditunjuk sebagai pelaksana Harian Otoritas Keilmuan (Scientific Authority) dalam rangka konservasi tumbuhan dan satwa liar serta dalam rangka pelaksanaan CITES (Conservation on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) di Indonesia. Tugasnya adalah melaksanakan tugas-tugas harian yang berkaitan dengan kewenangan LIPI sebagai Otoritas Keilmuan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 dan 8 Tahun 1999, yang tugasnya antara lain :

Memberikan rekomendasi kepada Otoritas Pengelola (Management Authority) tentang penetapan daftar klasifikasi, kuota penangkapan dan perdagangan termasuk ekspor, re-ekspor, impor, introduksi dari laut, semua spesimen tumbuhan dan satwa (PP No.8/1999, Pasal 66).

Memonitor izin perdagangan dan realisasi perdagangan, serta memberikan rekomendasi kepada Otoritas Pengelola tentang pembatasan pemberian izin perdagangan tumbuhan dan satwa karena berdasarkan evaluasi secara biologis pembatasan seperti itu perlu dilakukan. (PP No.8/1999, Pasal 66).

Bertindak sebagai pihak yang independen memberikan rekomendasi terhadap konvensi internasional di bidang konservasi tumbuhan dan satwa (PP No.8/1999, Pasal 66).

Memberikan pertimbangan kepada Otoritas Pengelola mengenai perubahan dari jenis tumbuhan dan satwa dilindungi menjadi tidak dilindungi dan sebaliknya (PP No.7, Pasal 5) Memberikan saran mengenai metoda standar pemantauan terhadap populasi tumbuhan dan satwa (Penjelasan PP No.7/1999, Pasal 11).

Memberikan rekomendasi mengenai pengkajian, penelitian dan pengembangan terhadap jenis tumbuhan dan satwa liar Indonesia yang dilakukan di luar negeri (PP No.8/1999, Pasal 6, Ayat 2)


Kontak Lembaga

Contact Person