Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Pengelolaan Perikanan Perairan Umum Daratan (PUI-P3UD) Lembaga Induk: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi: Sumatera Selatan Website: http://bp3upalembang.kkp.go.id/ Alamat: Jalan Gubernur H.A Bastari No. 08, Jakabaring - Palembang

Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum (BP3U) Palembang mengalami re-organisasi pada 27 Maret 2017 menjadi Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan R.I No. 24/PERMEN-KP/2017 tentang Organisai dan Tata Kerja Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan. Visi BRPPUPP yaitu “Balai Penelitian yang Berkompetensi Menghasilkan Sain dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Perairan Umum Daratan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Kelestarian dan Pemanfaatan Yang Berkesinambungan” (nb. visi belum menyesuaikan dengan nomenklatur baru).

Peranan istimewa yang dimiliki oleh perikanan perairan umum daratan dalam mendukung ketahanan pangan dan mata pencaharian bagi masyarakat penting untuk dilakukan kajian ilmiah agar tepat kebijakan dalam implementasi pengelolaannya. 

Salah satu tugas BRPPUPP yaitu melaksanaan riset perikanan perairan umum daratan (meliputi ekosistem waduk, danau, sungai, rawa banjiran, serta estuaria) di bidang biologi, ekologi, dinamika dan genetika populasi, lingkungan sumber daya dan plasma nutfah ikan perairan umum daratan yang meliputi seluruh wilayah Indonesia. BRPPUPP juga menjalankan pelayanan teknis, jasa, informasi, komunikasi, dan kerja sama riset perikanan perairan umum daratan. Setiap tahunnya BRPPUPP senantiasa mencari dan menerapkan pendekatan baru dalam mengelola dan mengembangkan metode pengelolaan perikanan perairan umum daratan di Indonesia.

Dalam perannya di ASEAN, Inland Fishery Resources Development and Management Department (IFRDMD / BRPPUPP) yang juga merupakan bagian dari Southeast Asian Fisheries Development Center (SEAFDEC) sebagai sebuah pusat pengembangan yang bertujuan untuk membantu negara anggota SEAFDEC dalam mengelola sumber daya perikanan perairan umum di kawasan ASEAN secara berkelanjutan. Diantaranya, menyediakan sebuah forum regional untuk melakukan konsultasi dan kerja sama, basis ilmiah dan pedoman pengelolaan yang tepat, rekomendasi pengelolaan sumber daya perikanan perairan umum, serta publikasi, diseminasi dan pertukaran informasi.

http://seafdec.or.id/


Kontak Lembaga

Contact Person