Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Sains dan Teknologi Baterai dan Magnet Lembaga Induk: Badan Tenaga Nuklir Nasional Provinsi: Banten Website: http://www.batan.go.id/pstbm Alamat: Gd. 43, Kawasan PUSPIPTEK, Serpong, Tangerang Selatan

Profil PSTBM BATAN

Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) mempunyai visi menjadi unggulan di regional dalam bidang material maju dan teknologi nuklir.  Tugas utama untuk pengembangan material maju yang berdampak pada industri dan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai fasilitas, termasuk teknologi nuklir sebagai salah satu keunggulan lembaga litbang BATAN.  Kegiatan litbang Material Maju yang dilaksanakan meliputi material baterai, material magnet dan material temperatur tinggi, yang diharapkan dapat menjawab solusi permasalahan energi, kesehatan, lingkungan, hankam dan industri.  Selain dari itu, kegiatan ini mendukung peningkatan pemanfaatan SDA lokal, sesuai dengan rencana jangka panjang menengah nasional (RPJMN 2015-2019).

PSTBM BATAN didukung oleh fasilitas nuklir yang merupakan satu-satunya di Indonesia, yaitu Reaktor Riset Serbaguna GA.Siwabessy, dengan fasilitas nuklir terpadu, yaitu laboratrium Hamburan Neutron, Radiografi Neutron dan Analisis Aktivasi Neutron. Selain dari itu, PSTBM memiliki potensi SDM yang berkualifikasi pendidikan tinggi S2/S3, profesor, professional dan juga memiliki kompetensi yang sesuai dengan kepakaran di bidang material maju dan teknologi nuklir.  Jejaring kerjasama dengan berbagai institusi baik secara nasional, regional maupun internasional yang dilakukan selama ini merupakan modal utama dari PSTBM. Pengakuan masyarakat ilmiah pada PSTBM, sudah dibuktikan dengan melahirkan dua organisasi Indonesian Neutron Scattering Society (INSS) dan Indonesian Materials Research Soceity (MRS-Ina) yang sudah diakui oleh organisasi internasional.

Program hilirisasi hasil produk unggulan PSTBM sudah dilaksanakan melalui kerja sama industri yang didanai melalui program INSINas Konsorsium, Program Pengembangan Teknologi Industri dan Program Inovasi Industri yang dibiayai oleh Kemenristekdikti.


Kontak Lembaga

Contact Person