Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Pusat Penelitian Geoteknologi

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Material Fungsional Berbasis Sumber Daya Mineral dan Batubara Lembaga Induk: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Provinsi: Jawa Barat Website: http://www.geotek.lipi.go.id/ Alamat: Jl. Sangkuriang Gd.70 Komplek LIPI Bandung

Salah satu komponen yang penting untuk mewujudkan industri peningkatan nilai tambah mineral adalah penguasaan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan proses peningkatan nilai tambah mineral tersebut. Penelitian mengenai proses-proses pengolahan mineral diperlukan sebagai landasan pendirian industri peningkatan nilai tambah mineral. Keluaran (output) dari penelitian-penelitian dalam ini adalah prototip proses pembuatan material fungsional berbasis sumber daya mineral bersangkutan yang akan menjadi acuan pendirian industri peningkatan nilai tambah tersebut.

Penelitian pembuatan material fungsional telah lama berlangsung di berbagai lembaga penelitian di Indonesia. Tetapi bahan baku yang digunakan adalah bahan-bahan kimia impor, bukan dari bahan mineral Indonesia. Oleh karena itu, selalu ada missing link dalam merangkaikan penelitian pembuatan material fungsional dengan potensi sumber daya mineral Indonesia. Missing link ini disebabkan karena tidak adanya pengetahuan mengenai mineral dalam penelitian pembuatan material fungsional di umumnya lembaga penelitian yang mensintesa material fungsional.  Oleh karena itu diperlukan suatu lembaga khusus yang dapat merangkai penelitian pembuatan material fungsional dengan menggunakan bahan baku langsung bijih atau mineral Indonesia. Lembaga tersebut tidak harus merupakan lembaga baru. Lembaga yang telah lama berdiri dengan tema penelitian berkaitan dengan peningkatan sumber daya mineral dan pembuatan material fungsional dari bahan mineral Indonesia, dapat dikuatkan fungsinya melalui formalisasi lembaga tersebut menjadi Pusat Unggulan Iptek Material Fungsional berbasis Sumber Daya Mineral dan Batubara.


Kontak Lembaga

Contact Person