Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close
Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dalam keikutsertaan seleksi Pusat Unggulan Iptek 2017. Nilai akhir proses seleksi dari Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan Hasil Hutan Tropis adalah 378.75

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan Hasil Hutan Tropis Lembaga Induk: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi: Jawa Barat Website: http://www.pustekolah.org/ Alamat: Jl. Gunung Batu No 5 Bogor

Penelitian hasil hutan di Indonesia telah dimulai pada tahun 1913 ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan Bosbouw Proefstation voor Het Boswezen atau Balai Penyelidikan Kehutanan, dengan ruang lingkup kegiatan mencakup aspek biologi, teknologi dan ekonomi kehutanan. Memasuki masa kemerdekaan (1957) Balai Penyelidikan Kehutanan diubah menjadi lembaga Penyelidikan Kehutanan dengan empat bagian, yang salah satunya adalah Bagian Penyelidikan Hasil Hutan. Perubahan berikutnya ialah pada tahun 1980 ketika kedua lembaga tersebut masing-masing menjadi balai dalam lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Ketika tahun 1983 dibentuk Departemen Kehutanan, maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, dan kedua balai masing-masing menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Sejak saat itu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan mengalami beberapa kali perubahan nama, namun dengan cakupan domain yang relatif sama. Pada tahun 2010, terjadi perubahan dari nama sebelumnya yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan berubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan yang disingkat Pustekolah. Dengan bergabungnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan pada tahun 2015, nama Pustekolah berubah lagi menjadi Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) hingga saat ini. Lokasi institusi tetap di Jalan Gunung Batu, Bogor, sejak era Bosbouw Proefstation voor Het Boswezen hingga saat ini.

 

Visi

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) menetapkan visi  ”Menjadi sumber utama teknologi dan inovasi keteknikan kehutanan dan pengolahan hasil hutan pada tahun 2020“

Visi tersebut merupakan cita-cita untuk mewujudkan suatu lembaga yang mampu menghasilkan berbagai inovasi IPTEK untuk mendukung perkembangan industri pengolahan hasil hutan dan revitalisasi industri. Visi akan diwujudkan secara bertahap. Teknologi dan inovasi yang akan dicapai dalam rangka pencapaian visi pada tahun 2020 adalah dalam bidang sifat dasar, keteknikan kehutanan, pengolahan hasil hutan kayu dan bambu, pengolahan hasil hutan bukan kayu, dan rekayasa alat dan bahan pembantu.

 

Misi

Dalam upaya mencapai visi, secara bertahap P3HH melaksanakan misi pada tahun 2011-2020 sebagai berikut:

Melaksanakan penelitian terintegrasi di bidang keteknikan dan pengolahan hasil hutan. Memantapkan perencanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan, serta pelaporan. Melaksanakan pengembangan hasil penelitian. Mengembangkan diseminasi hasil penelitian, pengelolaan data dan kerjasama. Meningkatkan penyelenggaraan administrasi dan penguatan SDM. Meningkatkan pemanfaatan dan pemenuhan sarana litbang.

 

Program dan Kegiatan Penelitian

Tujuan:

Program Pengolahan Hasil Hutan bertujuan untuk menghasilkan informasi, teknologi, prototipe dan formulasi, untuk peningkatan efisiensi pemungutan dan pengolahan Hasil Hutan, serta peningkatan kualitas diversifikasi, daya saing dan nilai tambah.

 

Kegiatan:
Program Pengolahan Hasil Hutan terdiri dari 5 kegiatan terintegrasi yang dituangkan dalam Rencana Penelitian Integratif (RPI).

1. RPI Sifat Dasar Kayu dan Bukan Kayu.
2. RPI Keteknikan dan Pemanenan Hasil Hutan.
3. RPI Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Bambu.
4. RPI Pengolahan Hasil Hutan Bukan Kayu.
5. RPI Rekayasa Alat dan Substitusi Bahan Pembantu.

 

Laboratorium

P3HH memiliki laboratorium-laboratorium yang dijalankan oleh kelompok peneliti terkait dan dapat memberikan pelayanan untuk pengujian sebagai berikut:

Laboratorium Keteknikan dan Pemanenan Hasil Hutan. Laboratorium Anatomi Kayu, Terakreditasi ISO IEC: 17025-2008 Laboratorium Pengerjaan Kayu. Laboratorium Pengeringan Kayu. Laboratorium Produk Majemuk. Laboratorium Entomologi. Laboratorium Mikologi. Laboratorium Kimia Pengawetan. Laboratorium Teknik Pengawetan. Laboratorium Fisik Mekanik. Laboratorium Teknologi Serat. Laboratorium Kimia dan Energi Biomassa. Laboratorium Hasil Hutan Bukan Kayu. Laboratorium Pengujian Sifat Hasil Hutan Bukan Kayu. Laboratorium Penguji Hasil Hutan Terpadu.

 

Laboratorium terpadu memperoleh sertifikat ISO nomor 17025:2005, laboratorium terpadu ini dilengkapi berbagai peralatan yang memungkinkan pelayanan berbagai testing, pengujian, maupun identifikasi unsur kimia berbagai hasil hutan.

 

Saat ini, Pusat Litbang Hasil Hutan dipimpin oleh Dr. Ir. Dwi Sudharto, MSi. sebagai kepala pusat. Informasi lebih detail dapat diperoleh melalui www.pustekolah.org.


Kontak Lembaga

Contact Person