Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam

Nama PUI: Pusat Unggulan Iptek Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional Lembaga Induk: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Provinsi: Yogyakarta Website: http://www.bptba.lipi.go.id/ Alamat: Jln. Yogya - Wonosari km 31,5 Gading, Playen, Gunungkidul, DIY

Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Yogyakarta, disingkat BPTBA LIPI Yogyakarta, sebelumnya bernama Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia (BPPTK) adalah satuan kerja setingkat eselon 3 pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Perubahan nama tersebut ditujukan untuk memperluas bidang penelitian sehingga cakupan kegiatan menjadi lebih komprehensif, tidak hanya terbatas pada pengembangan (developing) tapi juga menyasar pada penelitian dasar (basic research). Perubahan nama dari BPPTK menjadi BPTBA efektif berlaku sejak 16 Februari 2016.

Dalam sejarahnya, BPTBA LIPI Yogyakarta merupakan satuan kerja yang dibentuk dari peleburan tiga unit UPT Bahan Baku dan Olahan Kimia (BBOK) LIPI di tiga lokasi: Lampung, Bandung dan Yogyakarta. Unit BBOK LIPI yang berkedudukan di Lampung merupakan satuan kerja terbesar di antara ketiga satuan kerja di atas. Kegiatan utamanya adalah implementasi teknologi pada bidang pertanian. Sementara unit yang berada di Bandung menjadi pusat kegiatan administrasi dan eksperimen laboratorium. Sedangkan unit yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta, diarahkan pada pengembangan teknologi pengolahan pangan.

Saat ini, BPTBA LIPI Yogyakarta berfokus pada penelitian teknologi bahan alam yang dirinci menjadi penelitian di bidang pangan, bioaditif pakan, dan proses bahan alam.


Kontak Lembaga

Contact Person