Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close
TRL: 9

Guineensis Anti-Aging Day Cream SPF 10 PA++

Dengan kandungan Pro-vitamin A dan Vitamin E yang tinggi mampu mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan spot hitam/flek pada kulit dalam jangka waktu dalam 14 hari.

Potensi pengguna: Industri Kosmetik

    TRL: 9
TRL: 9

Guineensis Night Cream

Melembabkan dan menutrisi kulit sepanjang malam karena mengandung formula yang mampu menjadikan kulit halus dan sehat.

Potensi pengguna: Industri Kosmetik

    TRL: 9
TRL: 9

Guineensis Daylight Cream

Dengan kandungan squalene dan anti sinar UV mampu mengatasi noda susah hilang dan penyebab kulit tampak gelap. Gunakan setiap hari sebelum beraktivitas.

Potensi pengguna: Industri Kosmetik

    TRL: 9
TRL: 9

Virgin Red Palm Oil Extract

Diperoleh dari proses ekstraksi dingin buah kelapa sawit dan melalui proses pemurnian ekstrak dengan bahan berkualitas food grade untuk menjaga stabilitas nutrisi pada ekstrak. Proses winterisasi dilakukan untuk menghasilkan ekstrak dengan tingkat kemurnian tinggi dan bernutrisi tinggi.

Potensi pengguna:

    TRL: 9
TRL: 9

Palma Donat

Palma Donat merupakan produk donat tanpa bahan pengawet yang terbuat dari palma baking shortening, palma margarin, tepung terigu, gula, ragi instan, susu segar, butter, telur, bahan pengembang, garam, dan air. Palma Donat dapat divariasikan rasanya dengan bahan gula tepung, moka, cokelat, meses, dan lain-lain. Keunggulan Palma Donat adalah rasa yang enak dan mengenyangkan karena mengandung protein tinggi.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Palma Roti

Palma Roti merupakan produk roti manis tanpa bahan pengawet yang terbuat dari palma baking shortening, palma margarin, tepung terigu, gula, telur, bahan pengembang, garam, dan air. Produk roti manis dapat diisi dengan bahan penambah cita rasa berupa nenas, kelapa, cokelat, moka, pisang, keju, dan lain-lain. Keunggulan roti ini adalah rasa yang enak dan mengenyangkan karena mengandung protein tinggi.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Palma Margarin

Palma Margarin merupakan lemak plastis yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produk bakery dan media penggoreng untuk tumis sayur dan nasi goreng. Produk ini merupakan campuran antara lemak dan air serta bahan lain berupa pengemulsi, flavor dan pewarna. Lemak yang digunakan adalah campuran beberapa fraksi minyak sawit dan atau minyak inti sawit serta dapat juga digunakan minyak sawit merah (red palm oil, RPO) sebagai pewarna alami karena mengandung karoten tinggi. Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung lemak trans dan sangat sesuai untuk bolu gulung.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Palma Baking Shortening

Palma Baking Shortening merupakan lemak plastis yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produk bakery dan cakery. Produk ini dibuat dengan cara mecampurkan beberapa fraksi minyak sawit dan minyak inti sawit dan tekstur yang homogen dibentuk dengan proses pengadukan dan pendinginan. Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung lemak trans dan sangat sesuai untuk produk roti dan bolu gulung.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Palma Frying Shortening

Palma Frying Shortening merupakan lemak plastis yang dapat digunakan sebagai media penggoreng. Produk ini dibuat dengan cara mencampurkan beberapa fraksi minyak sawit dan tekstur yang homogen dan semi padat dibentuk dengan proses pengadukan dan pendinginan. Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung lemak trans, memiliki stabilitas panas yang tinggi sehingga sangat sesuai untuk penggorengan berulang (deep frying) dan produk gorengan yang dihasilkan tidak berminyak.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Bahan Tanaman Kelapa Sawit DxP Langkat

DxP Langkat merupakan varietas pertama yang dirakit PPKS dari hasil rekombinasi tetua-tetua terbaik beberapa populasi pisifera. Tetua pisifera hasil rekombinasi antara pisifera SP540, Yangambi, dan Marihat yang disilangkan dengan Dura Deli terbaik menghasilkan varietas dengan karakter unggul rachis yang relatif pendek (compact palm) dan potensi CPO hingga 8,3 ton/ha/tahun. Selain cocok ditanam di areal bergelombang dan berbukit, varietas ini juga dapat mulai berbuah pada umur 22 bulan setelah tanam.

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

Bahan Tanaman Kelapa Sawit Turunan Yangambi

Yangambi merupakan populasi kelapa sawit asal Afrika yang banyak digunakan sebagai tetua pisifera sumber benih unggul. Varietas kelapa sawit PPKS yang dihasilkan dari populasi ini adalah: • DxP Yangambi • DxP PPKS 239 • DxP PPKS 718 Secara umum, populasi ini memiliki keunggulan pada bobot tandan yang relatif besar. Umumnya Yangambi memiliki kandungan minyak dan mesokarp yang tinggi, jauh lebih tinggi dari populasi lain. Varietas DxP PPKS 239, selain memiliki tandan yang relatif besar, juga memiliki potensi produksi CPO dan PKO yang lebih tinggi dibanding varietas lainnya dalam kelompok ini. Varietas ini cocok dikembangkan untuk industri pangan dan non pangan.

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

Bahan Tanaman Kelapa Sawit Turunan SP540

Varietas kelapa sawit yang termasuk ke dalam kelompok SP540 merupakan varietas-varietas yang dihasilkan dari tetua pisifera keturunan SP540 murni yang hanya dimiliki oleh PPKS. Varietas-varietas dalam kelompok ini terdiri dari: • DxP PPKS 540 • DxP Simalungun • DxP AVROS Karakter unggulan dari kelompok ini adalah quick starter dan persentase mesokarp per buah yang cukup tinggi. Dengan daya adaptasi yang cukup luas, varietas ini dapat ditanam di berbagai tipe lahan kelapa sawit (wilayah datar sampai bergelombang).

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

METARIX 10 SP

Pemanfaatan METARIX 10 SP dengan bahan aktif jamur Metarhizium anisopliae dapat memutus siklus O. rhinoceros stadia larva yang berkembang pada batang kelapa sawit. Jamur menginfeksi larva melalui penetrasi pada kutikula, kemudian berkembang dengan cepat ke seluruh tubuh larva. Kematian umumnya disebabkan oleh hancurnya jaringan tubuh, khususnya karena racun seperti destruxin A, B, C, D, dan E, dan desmethyldestruxin B. Aplikasi dengan cara penaburan pada mulsa TKS, dengan dosis aplikasi sebanyak 20 g/m2. Keunggulan • Langsung mengendalikan larva O. rhinoceros. • Jamur dapat bertahan cukup lama di lapangan (dalam bahan organik). • Bersifat ramah lingkungan. Potensi Penerapan METARIX 10 SP sangat sesuai digunakan pada daerah serangan O. rhinoceros yang tinggi seperti di areal replanting kebun kelapa sawit, daerah dekat pabrik kelapa sawit, maupun kebun-kebun yang berdekatan dengan sumber bahan organik lainnya. Di Indonesia, setiap tahun sekitar 5% dari total luas perkebunan kelapa sawit (>11 juta ha) akan mengalami replanting dan setiap daerah ini berpotensi terserang O. rhinoceros. METARIX 10 SP bisa menjadi solusi pengendalian.

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Perkebunan Kelapa Sawit

    TRL: 9
TRL: 9

MARFU-P

MARFU-P merupakan biofungisida berbentuk tepung berwarna hijau yang mengandung bahan aktif konidia Trichoderma koningii dan T. harzianum. MARFU-P berfungsi secara preventif untuk mengendalikan penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh Ganoderma boninense pada tanaman kelapa sawit. Dosis aplikasi MARFU-P di pembibitan adalah 10 g/polibeg dan di lubang tanam adalah 400 g/lubang. MARFU-P paling sesuai digunakan untuk tindakan preventif dalam mengendalikan Ganoderma boninense di perkebunan kelapa sawit. Produk ini telah digunakan oleh PT Perkebunan Nusantara, berbagai perkebunan swasta nasional dan perkebunan rakyat di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi.

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit/Petani Sawit

    TRL: 9
TRL: 9

ORICMAS

ORICMAS merupakan feromon agregat sintetik berspektrum luas yang mampu memerangkap kumbang Oryctes rhinoceros, Rhynchophorus spp., dan Rhabdoscelus sp. secara bersamaan. Berdasarkan uji efikasi di lapangan feromon agregat sintetik spektrum luas ini sangat efektif, efisien, dan mudah diaplikasikan di perkebunan kelapa sawit ataupun kelapa. Produk ini disediakan dalam kemasan plastik berpori yang berisi 1 ml per sachet yang dapat bertahan selama 2-3 bulan di lapangan dengan dosis pemakaian 1 feromonas/2 Ha. Keunggulan • Mengendalikan kumbang tanduk pada tanaman kelapa sawit dan kelapa; • Lebih efektif, efisien, dan ramah lingkungan. Potensi Penerapan Produk ORICMAS sangat berpotensi digunakan oleh perkebunan rakyat, perkebunan dan perkebunan swasta besar dan akan. Produk ini telah dilisensikan ke PT Anugerah Sarana Hayati (PT ASH). Produk feromon ini telah digunakan dari Aceh hingga Papua, khususnya untuk di daerah replanting.

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

Hatch & Carry

Selain produk, PPKS juga menghasilkan teknologi yang dapat diaplikasikan dan membantu perkebunan kelapa sawit. Salah satunya adalah teknik hatch and carry mobile. Teknik ini merupakan teknik semi-assisted pollination dengan komponen teknologi berupa penetasan serangga penyerbuk kelapa sawit Elaeidobius kamerunicus (hatch) dalam sebuah kotak dan penyemprotan polen murni kelapa sawit pada kumbang hasil penetasan (carry) yang kemudian dilepaskan ke lapangan. Pelepasan kumbang dilakukan bersamaan dengan aktivitas mereka memanen tandan buah. Teknik ini dapat meningkatkan populasi E. kamerunicus dan fruit set kelapa sawit hingga 30%. Teknik hatch and carry mobile sangat cocok diaplikasikan pada tanaman muda dengan fruit set rendah khususnya yang memiliki areal tanam sangat luas dan menggunakan bahan tanaman kelapa sawit yang terlalu feminim. Teknik ini telah diaplikasikan di berbagai perkebunan swasta nasional di Kalimantan dan Sumatra, PT Perkebunan Nusantara, dan perkebunan rakyat.

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

Mesin Pencacah Pelepah Kelapa Sawit

Saat ini, PPKS telah berhasil merancang bangun alat dan mesin (Alsin) pencacah pelepah kelapa sawit yang dapat menghaluskan ukuran pelepah 5 – 10 mm sehingga sangat aman dan nyaman bagi ternak sapi ketika mengkonsumsi pakan yang terbuat dari bahan baku pelepah kelapa sawit. Tipe : G5 Kapasitas : 700 kg/Jam Sumber Penggerak : Motor Bakar Merk : Yanmar TF 15,5 Hdi Putaran Mesin : 2400 rpm Dimensi (p x l x t) : 180 x 135 x 120 cm Daya : 15,5 PK

Potensi pengguna: Industri Perkebunan Kelapa Sawit/Peternakan

    TRL: 9
TRL: 9

Feromonas

FEROMONAS adalah feromon agregat sintetik untuk kumbang tanduk Oryctes rhinoceros yang banyak menyerang tanaman kelapa sawit dan kelapa. FEROMONAS dirancang untuk mudah diaplikasikan di lapangan serta efektif menarik kumbang jantan maupun betina. Pemasangan FEROMONAS di lapangan adalah 1 sachet per 2 ha dengan lama waktu aplikasi 2-3 bulan/sachet. Umumnya masih diperlukan aplikasi insektisida pada 6 tanaman kelapa sawit di sekeliling ferotrap. Beberapa keunggulan FEROMONAS diantaranya adalah: (1) langsung mengendalikan kumbang O. rhinoceros, (2) efektif pada tanaman kelapa sawit dan kelapa, dan (3) dapat sebagai alat sensus atau monitoring hama sekaligus pemerangkapan massal (mass trapping). FEROMONAS sangat sesuai digunakan pada daerah serangan O. rhinoceros yang tinggi seperti di areal replanting kebun kelapa sawit, daerah dekat pabrik kelapa sawit, maupun kebun-kebun yang berdekatan dengan sumber bahan organik lainnya. Produk ini telah efektif digunakan oleh PT Perkebunan Nusantara, berbagai perkebunan swasta nasional dan perkebunan rakyat di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Potensi pengguna: Perkebunan Kelapa Sawit dan Petani Kelapa

    TRL: 9
TRL: 9

Rhyncomonas

RHYNCHOMONAS adalah feromon agregat sintetik untuk kumbang moncong Rhynchophorus spp. pada tanaman kelapa sawit dan kelapa. RHYNCHOMONAS dirancang untuk mudah diaplikasikan di lapangan serta efektif menarik kumbang jantan maupun betina. Dosis pemasangan RHYNCHOMONAS adalah 1 sachet per 2 ha dengan lama waktu aplikasi 2-3 bulan/sachet. RHYNCHOMONAS dapat dikombinasikan dengan penggunaan FEROMONAS untuk memerangkap berbagai hama kumbang kelapa sawit maupun kelapa.

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

KAIROMIX

Elaeidobius kamerunicus Faust adalah agen penyerbuk kelapa sawit utama di Indonesia. Kumbang E. kamerunicus tertarik ke bunga kelapa sawit karena adanya kairomon terutama estragole yang diekskresikan oleh bunga jantan. Sayangnya, dalam satu areal, keberadaan bunga jantan mekar seringkali tidak homogen sehingga populasi E. kamerunicus juga relatif tidak merata. Kairomix yang berbahan aktif estragole dikemas dalam plastik berpori ukuran 200 ?m sebanyak 0,5 ml/sachet, yang dapat bertahan selama 1-1,5 bulan di lapangan dan mampu menarik serta meratakan populasi E. kamerunicus. Pemasangan Kairomix secara merata dalam blok dengan dosis 2 sachet/ha mampu meningkatkan nilai fruit set kelapa sawit sekitar 20% dan rerata berat tandan hingga 8% pada 6 bulan setelah aplikasi. Potensi Penerapan : KAIROMIX sangat cocok diaplikasikan pada tanaman muda dengan fruit set rendah khususnya yang memiliki areal tanam sangat luas dan menggunakan bahan tanaman kelapa sawit dengan produktivitas tinggi di awal tanam. Keberadaan tanaman muda akan selalu ada di Sumatra melalui program replanting atau di daerah pengembangan seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Keunggulan : • Mampu menarik dan meratakan populasi serangga penyerbuk E. kamerunicus. • Berpotensi digunakan sebagai penghitung populasi E. kamerunicus yang praktis di lapangan.

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Perkebunan Kelapa Sawit

    TRL: 9
TRL: 9

Marcuna

Mucuna bracteata merupakan kacangan penutup tanah yang awalnya banyak dijumpai di Negara Bagian Tripura, tepatnya di India Bagian Utara yang kemudian diintroduksi oleh Golden Hope di Malaysia pada 1991. Kacangan ini memilki banyak kelebihan dibandingkan dengan kacangan penutup tanah (LCC) konvensional seperti Pueraria javanica, Calopogonium caereleum, dan Centrosema pubescent sering kali tidak mampu menekan pertumbuhan gulma, seperti Mikania, Asystasia, dan lainnya. Selain itu kacangan-kacangan tersebut mempunyai kelemahan tidak tahan terhadap naungan dan kondisi kering. Keunggulan : • Produksi PPKS • Daya Kecambah lebih dari 85% • Pertumbuhan lebih cepat (10-30 cm/hari) dengan biomassa lebih tinggi (17,16 ton/ha) • Mudah ditanam • Tidak disukai oleh ternak • Toleran hama dan penyakit • Memiliki alelopati sehingga daya kompetisi tinggi terhadap gulma lain • Memiliki perakaran yang dalam • Mengendalikan erosi • Mampu menambat N bebas dari udara

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Petani

    TRL: 9
TRL: 9

Cocoa Butter Substitute

Cocoa Butter Substitute (CBS) merupakan alternatif lemak cokelat. CBS dapat dibuat dari minyak inti sawit melalui proses fraksinasi dan hidrogenasi. Berdasarkan karakteristiknya, ada 3 jenis produk CBS yang dapat dihasilkan dari minyak inti sawit yaitu hydrogenated palm kernel oil, hydrogenated palm kernel olein, dan hydrogenated palm kernel stearin. Proses hidrogenasi secara total atau penuh menghasilkan produk CBS bebas lemak trans. Titik leleh CBS berkisar antara 35-42°C sehingga sangat sesuai digunakan untuk lemak konfeksioneri seperti cokelat dan meses di iklim topis yang disebut sebagai tropical chocolate.

Potensi pengguna: Industri Rumah Tangga

    TRL: 9
TRL: 9

Bahan Tanaman Kelapa Sawit DxP Sungai Pancur 1 (Dumpy)

Varietas DxP Sungai Pancur 1 (SP-1) atau yang lebih dikenal sebagai Varietas Dumpy, merupakan varietas dengan keunggulan spesifik laju pertumbuhan meninggi yang lambat (<55 cm/tahun). Dengan karakter ini, Varietas Dumpy mampu mencapai umur ekonomi hingga 30 tahun atau lebih lama dari varietas lain. Selain pertumbuhan meninggi yang lambat, Dumpy juga memiliki keragaan batang yang relatif besar, sehingga cocok untuk ditanam di lahan gambut untuk mengurangi potensi rebah.

Potensi pengguna: Industri Pertanian / Petani

    TRL: 9